Cara Berjualan Di Tokopedia Mulai dari Awal

cara berjualan di tokopedia

Cara Berjualan Di Tokopedia
genesia

Garis Besar Cara Berjualan Di Tokopedia

Tokopedia adalah salah satu situs jual beli online yang terpercaya dan mudah. Dengan moto “mulai saja dari Tokopedia”, Tokopedia benar menyajikan kan hal yang mudah. Begitupun, mulai berjualannya yang nggak ribet ribet. Anda seorang yang belum tahu seluk beluk berjualan di Tokopedia?. Tenang aja, mudah kok. Yuk mari

 

Secara garis besar cara berjualan di Tokopedia dimulai dari membuat akunnya. Pastikan hp (Smartphone) terhubung internet untuk membuatnnya. Seperti akun biasanya, diperlukan no Hp atau gmail untuk mendaftar.

Baca : Cara membuat Gmail mudah

Setelah anda telah daftar di Tokopedia, lalu buka Toko online anda. Ada beberapa hal untuk mengelola toko online di Tokopedia. Mulai dari foto gambar yang menarik. Diskripsi yang lengkap untuk gambaran pembeli. Untuk harga silahkan anda tetapkan sesuai tempat dan harga pasaran.

 

Dengan calon pembeli dari seluruh Indonesia toko online di Tokopedia anda dapat menjangkau lebih luas tanpa perlu mengeluarkan biaya yang banyak. Terhitung sangat ekonomis dengan Free akun “alias gratis”. Tidak perlu sewa domain atau server untuk mempunyai toko online. meski ada juga web gratis seperti blogspot, wordpress, dan lain lain. Apalagi untuk mengisi artikel yang SEO agar mudah dicari di Google.

 

Untuk lebih lengkapnya seperti di bawah ini, mulai dari membuat dan Tips tipsnya cara berjualan di Tokopedia. 😉

 

Mulai Dengan Membuat Akun Tokpedia

Cara Berjualan Di Tokopedia 2
Tokopedia

Seperti disinggung di atas, membuat akun di Tokopedia cukup mudah. Dengan mendaftar menggunakan gmail anda dan masukan no Hp serta password untuk akun Tokopedia anda.

Tips Cara Berjualan Di Tokopedia: kata sandi jangan hanya diingat, lebih baik di catat di hp, laptop, ataupun bisa di kertas kecil dan selipkan di dompet karena berguna untuk mencairkan saldo ke rekening anda nantinya.

 

 

Buka Toko Online Tokopedia Anda

Cara Berjualan Di Tokopedia 3
Tokopedia

Klik buka toko pada ikon gambar “Toko” pojok kanan atas. Lalu isikan Nama Toko online anda. Lengkapi informasi toko seperti alamat Toko, kurir pengiriman dan logo atau gambar toko online anda. Dalam mengisikan nama toko, cek apakah nama sudah dipakai sebelumnya. Jika sudah digunakan, bisa menggunakan nama alternatif lain atau dengan menambahkan kata tambahan.

Cara Berjualan Di Tokopedia 4
Tokopedia

Tips Cara Berjualan Di Tokopedia: Lebih lengkap lebih baik….!!

 

Tambah Produk Di Toko Online

Cara Berjualan Di Tokopedia 5
Tokopedia

Caranya pun juga cukup mudah. Klik tambah produk dan isikan kelengkapan produk. Dengan mengisikan foto produk yang bagus agar dilirik pembeli nantinya, jenis produk (masukan sesuai lis yang tertera, agar mudah dalam pencarian Tokopedia), dan informasi mengenai barang yang dijual seperti gambar di bawah.

Cara Berjualan Di Tokopedia 6
Tokopedia

Tips Cara Berjualan Di Tokopedia:  sajikan foto dengan kualitas bagus dari segi relsolusi dan dari segi kemenarikannya untuk dilihat calon pembeli.

 

Menerima pesanan Tokopedia

Cara Berjualan Di Tokopedia 7
Tokopedia

Setelah produk anda menarik pembeli meraka akan chat atau menanyakan kesediaan barang, apakah ready. Jika barang ada mak pembelipun akan order produk anda. Seperti biasa ongkir akan dikenakan pada pembeli.

Maka tempat dan ekspedisi jadi beberapa indikator seorang pembeli menentukan barang yang akan dibeli. Setelah pembeli order maka sesegera mungkin proses orderan tersebut. Dengan klik respon (terima pesanan) lalu packinglah barang dan antarkan barang sesuai ekspedisi si pembeli.

Cara Berjualan Di Tokopedia 8
Tokopedia

Tips Cara Berjualan Di Tokopedia: catumkan No Hp jika pembeli ingin chating via Whatsapp dan ingin transfer langsung ke rekening Bank anda.

 

Konfirmasi Pengiriman

Cara Berjualan Di Tokopedia 9
Tokopedia

Input (masukan) No Resi dari pengiriman barang tadi. Caranya pun cukup mudah klik konfirmasi pengirman dan klik nama dari pengorder tersebut. ketikkan pada kolom No resi yang disediakan. Contoh, jika kertas Resi JNE terletak di pojok kanan atas dengan 11 dijit nomor. Untuk res Pos pada kode Barcor pada bukti pengiriman.

Cara Berjualan Di Tokopedia 10
Tokopedia

Tips Cara Berjualan Di Tokopedia: Semakin cepat barang diproses dan dikirim semakin puas pembeli untuk Toko online kita.

 

Ulasan

Cara Berjualan Di Tokopedia 11
Tokopedia

Ulasan sangat penting dan berguna untuk reputasi Toko online anda. Biasanya calon pembeli melihat produk yang akan dibeli melihat terlebih dahulu apakah barang tersebut bagus dengan melihat ulasan pembeli dari sebelumnya. Dengan rating 5 (lima) bintang adalah jaminan barang bagus dan recomended untuk dibeli. Hal inipun juga bisa anda terapkan untuk membeli.

Baca Juga: Belanja di Tokopedia Agar Lebih Puas

Setelah barang sampai di tangan pembeli maka dana otomatis akan cair ke saldo Tokopedia anda dlam 2 x 24 jam. Terbilang lama, tapi itupun juga untuk keamanan penjual dan pembeli. Jika pembeli langsung memberi ulasan uang pun langsung masuk ke saldo Tokopedia anda. So, bisa juga mengingatkan pembeli bahwa barang sudah smapai dan tolong untuk memberi ulasan. Beri juga tanggapan untuk pembeli apakah kecewa, biasa atau senang sesuai dengan emoticon dan juga beri tanggapan atas ulasan yang diberikan.

Tips Cara Berjualan Di Tokopedia: balas setiap ulasan yang diberikan pembeli, jika ada yang kurang atau kritik perbaiki kualitas barang maupun pelayanan anda.

 

Cara Menarik Dana / Saldo Tokopedia

Cara Berjualan Di Tokopedia 12
Tokopedia

Setelah saldo terisi dari orderan orderan, andapun bisa menggunakan untuk belanja di Tokopedia ataupun membeli keperluan lain. Seperti, pulsa, token listrik, tiket, dan lain lain. Jika ingin menarik dana Tokopedia juga terbilang mudah dan cepat. Klik saldo anda dan cairkan dana ke rekening anda sesuai keinginan. Masukan password Tokopedia (kata sandi) anda. Tunggu maksimal 24 jam dari permintaan pencairan. Biasanya sih cepet dalam hitungan jam.

Tips Cara Berjualan Di Tokopedia: Simpan dan rahasiakan password / kata sandi akun Toko online Tokopedia anda.

 

Kesimpulan

Cara Berjualan Di Tokopedia 13
Tokopedia

Di era modern yang serba mudah dan cepat dengan perkembangan ekonomi berjualanpun semakin berkembang. Tidak ada kata terlambat untuk memulai berjualan online dengan via Tokopedia yang terbilang besar dan populer di Indonesia. Jika anda mempunyai dan yang bagus bisa mendaftar menjadi “Gold Mercant”, atau bisa dibilang Toko premium yang memungkinkan anda promosi di Tokopedia agar meningkatkan penjualan.

Pintar pintar dalam menentukan produk yang akan dijual bisa menjadi pilihan pertama untuk menjual sebuah produk. Sebenarnya pilihan produk di sekitar kita begitu banyak sesuai daerah masing masing. Ikut meningkatkan kesejahteraan dengan mengangkat perekonomian lokal dari segi tenaga kerja lokal dan barang lokal menjadikan nilai lebih dalam era global yang serba online.

 

Tiga langkah Mudah Tokopedia:

Jual: pilih produk -> stok produk -> foto produk -> upload produk

Kirim: terima pesanan ordera -> packing -> kirim sesuai ekpedisi pengiriman -> input resi pengiriman

Terima uang: dana masuk -> tarik saldo ke rekening

 

Hafidz Yusuf

 

Referensi:

Tokopedia

My self

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: