Cara membuat Artikel Untuk Memulai Menulis

Pic: cara membuat artikel

cara membuat artikel memulai menulis

Artikel adalah sebuah tulisan pendek yang berisikan tujuan menginformasi maupun menceritakan sesuatu dalam sebuah tema. Mulai dengan apa yang anda senangi atau mengulik suatu hal yang terasa menarik. Berpergian dan mengobrol dengan seseorang ataupun hanya duduk di dekat jendela dengan seduhan kopi kadang membawamu menemukan inspirasi apa yang akan kau tulis.

 

So, mulai dari diri sendiri untuk membuat artikel. Garis besar manusia terbagi tipe extrovet (suka keluar) dan introovet (suka sendiri). Apakah saya cenderung orang suka bersosialisasi, hang out, nonton bioskop, atau sekedar jalan-jalan nggak jelas buat merasa happy maka anda termasuk extrovet, atau tipe orang yang diem liat rumput yang bergoyangpun terasa damai, yup itu introvet.

 

Setelah menemukan type manakah kamu, buatlah tema sesuai hobi atau kesukaanmu untuk artikel mu. Raba-raba apa yang membuatmu senang di dalam tema itu, misal saya suka ayunan. Yap, karena ayunan mengingatkanku masa-masa kecil yang riang, makan permen, punya temen yang culun-culun tapi tulus, hingga berangkat sekolah pagi pulang pagi.

 

Ingat, secuil kata yang ada di kehidupanmu adalah langkah kecil memulai kalimat, hingga berakhir artikel. Maka setiap pena yang menggoreskan tintanya (ce ile) adalah share nya  tinta-tinta pengalaman. Setiap kita special, so why always use copy paste? Take your move.

 

Oke, cukup bicara sana-sininya. Tema dikantong, lalu cari judulnya. Fungsi judul adalah mengkrucutkan tema yang akan diulas dan mewakili ide pokok tulisan. Nggak harus klik bait dan bait-baitan yang lain. Contoh, tema horror judul “Rumah Angker”, nah ngundang banget sih.gimana ceritanya, kenapa angker, apa hantunya, dan bla bla. Btw angker karena nggak ada kasih sayang di dalamnya, uhuk….

 

Maka, kita ceritakan sejarahnya rumah itu ditinggalin ma siapa ajah, di mana lokasinya, dan mulai petualang tulisanmu. meski awal menulis jari-jari terasa kaku dan isi otak beku kayak lagi di kutub. Maka apa yang benar-benar ingin kamu tulis adalah penting memulai menulis artikel.

 

Well, tema udah, judul sip, mengarang bebas beres, tinggal baca ulang and koreksi. Salah satu kehororran awal menulis artikel adalah “baca ulang”. Mulai dari kata nggak bersambung, ejaan salah, hingga berasa baca artikel china. Don’t worry, keep on you move.

 

Itu sedikit untuk memulai cara membuat artikel, meski tips-tipsnya nggak banget, yah begitulah adanya. Maybe next time ada tips lanjutan seiring bertambahnya ilmu dan jam terbang dalam tulis menulis. Saya pikir yang sedikit dari kita akan berarti dengan dibagikan. Jadi, mulailah menulis. 😊

 

Hafidz Yusuf

 

Referensi:

My Self

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: