Cara Reschedule Tiket Kereta Api Syarat-Syaratnya, Mudah Kok…!!

Cara reschedule tiket kereta  by Genesia:  

Cara Reschedule Tiket Kereta

Bagi anda yang telah boking tiket kereta api lalu ada kendala suatu hal yang harus mengganti jadwal keberangkatan maupun kepergian. Maka jalan keluarnya adalah reschedule (jadwal ulang/ ganti tanggal). Jika anda bertanya-tanya bagaimana caranya, atau belum pernah rechedule tiket kerta api GENESIA.net akan membagikan informasinya.

 

Jika anda memang sudah mengkantongi tiket kereta api anda (udah beli online maupun offline) maka caranyanyapun cukup mudah. Sedikit tambahan adalah anda akan dikenai biaya tambahan kurang lebih 25% dari harga tiket anda, so bawa uang tambahan yah. Ini nih cara reschedule tiket kereta.

 

Syarat Cara Reschedule Tiket Kereta:

1 Harus Datang Di Stasiun Untuk Cara Reschedule Tiket Kereta

Untuk Reschedule tiket kamu harus datang ke stasiun, nggak bisa ditawar “Fardu’ain”. Jadi jika kamu ungin mengubah tanggal pemberangkatan / kepulanngan harus nyempetin waktu untuk datang, so siap siap ngantri yah. Atau datang lebih awal untuk menghindari antrian yang panjang.

 

2 Tiket Kereta api atau kode boking Diperlukan Untuk Cara Reschedule Tiket Kereta

Bisa membawa tiket kereta api yang asli (dalam bentuk fisik) maupun bisa juga menggunakan kode boking yang berupa kombinasi angka dan huruf yang biasanya dipesan via online, contohnya di Tokopedia, tiket. Com, traveloka, mister aladin ataupun di situs resmi KAI. Maka pastikan nggak lupa atau ketinggalan Guys…!!

 

3 Membawa KTP asli dan fotokopi an untuk jaga-jaga Jika Diperlukan

Kartu Tanda Penduduk atau KTP untuk memastikan bahwa orang yang memesan (yang punya tiket) emang bener bener nyata, “unghoib” yang jelas. Meski kadang nggak juga tapi cara reschedule tiket kereta harus bawa tanda pengenal seperti KTP dan Sim misalnya, alangkah lebih aman nya dengan membawanya, by the way enteng juga, kan Cuma kertas. Pastikan juga membawa KTP yang terkait jika misal rechedule nya tiga tiket dan diwakilkan satu orang. Jadi bawa KTP / SIM semua pemesan tiket yang mau di rechedule.

 

Cara Reschedule Tiket Kereta Di Stasiun

setelah sampai di stasiun, tapi kamu bingung cara reschedule tiket kereta mau kemana dan gimana caranya nih setelah bawa syaratnya? Tenang wa rileks, sebenarnya mudah aja kok. Pasti dilayani dan nggak ribet, santai aja.

1 Pertama Cara Reschedule Tiket Kereta  Saat Datang Ke Stasiun “Parkir Motor / Mobil”

Awalun bil niat Bissmillah, liat liat kemana tempat masuknya. Jika ada dua jalur (untuk roda 2 dan roda 4) maka pilih jalur parkir kendaraan mu sesuai rodanya ya 😉

 

2 Langsung Samperin Aja Mesin Pengambilan Nomer Antrian

Cara reschedule tiket kereta , Setelah lengkap membawa peralatan tempur (syarat-syarat di atas) kamu bisa langsung saja ke mesin pengambilan nomor antrian. Buat tips nya, biasanya terdapat 2 pilihan nomor urut untuk pembelian tiket dan service (untuk reschedule), nah ambil ada dua duanya sekalian. Jadi sebagai contoh, nomor antrian model urutan A pembelian tiket (contoh A 205) dan nomor antria service untuk ganti tanggal tiket (contoh: C206).

 

Tarik aja dua dua nya, karena setelah layanan reschedule tiket maka akan dilanjut ke loket pembelian tiket. Nah dari pada antri lagi, selagi kita ngurus reschedule tiket, kita juga secara nggak langsung mangkas antrian ke loket pembelian untuk langkah selanjutnya. Note: pengalaman pribadi, ceritanya eh salah narik nomor antrian buat pembelian tiket jadi narik nomor antrian lagi buat service (model C bla bla bla). Nggak nyadar setelah selesai proses reschedule tiket malah nunggu bentar langsung ke loket pembelian. Nggak lama lama deh jadinya buat antre cara reschedule tiket kereta nya 😀

 

3 Cara Reschedule Tiket Kereta Selanjutnya Ke Loket Pembelian Tiket

Seperti disinggung di atas, setelah selesai ngurus reschedule tiket di loket service maka dilanjutkan ke loket pembelian tiket. Layaknya kayak beli tiket seperti biasa. Tinggal menyerahkan kertas hasil reschedule nya dan bayar deh. Selesai dah. *jangan lupa pilih kursi tempat duduk kalo pingin deket jendela ya.

 

Penutup Cara Reschedule Tiket Kereta

Sebenarnya ngurus cara reschedule tiket kereta nggak ribet ribet amat atau sulit kok. Kalau anda memang belum pernah rechedule dan nggak tahu harus ngapain di stasiun itu wajar aja, belum nyoba jadi belum tahu. Kalau ada kesulitan atau bingung bisa juga tanya tanya ke petugas stasiun, seperti cleaning service yang bertebaran di sepeanjang jalan atau bisa juga tanya ke pak “keamanan stasiun” di sana pasti akan diarahkan juga kemana dan tahap tahapnya.

 

Kalau ada teman yang pernah ngurus  dan tahu cara reschedule tiket kereta maka bisa juga untuk mengajaknya ke stasiun, biar set set langsung capcus. Kalau orang yang nggak pengen ribet ya langsung samperin aja ke loket terus tanya aja gimana caranya, maka beres juga. Kesimpulannya, terkadang memang ada hal hal yang menyebabkan berubahnya jadwal kita dalam berpergian, maka nggak ada salahnya juga menyapkan uang tambahan 25% dari harga tiket kita jaga-jaga kalau kalau ada ganti jadwal. Gitu aja sih….. mudah kok. Saya sendiri kurang lebih Cuma butuh 30 menit untuk Rechedule tiket, meski tergantung  juga ramai dan tidaknya stasiun untuk rechedule tiket anda.

 

Jangan lupa untuk “Rating” seberapa bagus artikel ini, agar orang lain dapat tahu tentang tulisan ini.

Kslsu tulisan ini kurang bagus atau jelek boleh kok rating bintang 1 aja.

Atau apapun itu tulis aja komentarmu ya 😉/

Thanks…

 

 

Hafid Yusuf

Source Cara Reschedule Tiket Kereta:

Pengalaman pribadi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: