Arti COD Apa Sih? Untungnya Juga Apa? No ratings yet.

Arti COD

arti COD Cash On Delivery

Di zaman now kita sering banget dengerin kata online shop, order, COD dan lain lain. Memang di era digital gampang banget buat beli barang, pun dengan jual barang. Dengan membuat website ataupun membuat akun di marketplace (tempat jualan online) kita bisa dengan mudah menjual suatu barang. Maka dengan COD penjual dan pembeli bisa sama-sama nggak kena tipu tipu. Udah tahu Arti COD?

So, by the way apa sih arti COD ?

Arti COD, bersal dari kata punyanya om Inggris (england language) yaitu: Cash on Delivery (COD)

Pengertiannya adalah jenis transaksi penerima (pembeli) melakukan pembayaran untuk barang pada saat pengiriman. Jika pembeli tidak melakukan pembayaran saat pengiriman atau saat diantar kurir di tempat, produk dikembalikan ke juragannya (penjual). Bentuk pembayaran yang diterima bisa dengan ketentuan perjanjian pembelian, umumnya sih pake daun ijo (duit). Sederhananya ya ada uang ada barang mas. He he

Idealnya sih si pihak penjual dan pembeli sudah kontak kontak an, order barang ini, dikirim jam segini, di tempat ini, biar fix. Kalo nggak bisa kasian bang kurir atau mas Ojol nya. Untuk penjual online besar sih biasanya sistem COD ini udah dikelola dengan baik. Dari segi barang, packing, kurir, dan syarat ketentuan. Biar nggak ada yang dirugikan kedua belah pihaknya. Nah gitu kurang lebihnya Arti COD nya.

 

Keuntungan dan Kerugian Transaksi COD (Cash On Delevery)

Ada beberapa pelanggan tidak memiliki kartu kredit atau debit, karena nya, COD bisa memberi mereka jalan dimana mereka dapat memesan produk secara online (asyik online shoping). Risiko transaksi terletak pada pedagang dan mas kurir untuk sampai diterima dan dibayar oleh pelanggan. Transaksi COD juga melindungi konsumen dari kegiatan penipuan, seperti pencurian identitas dan pencurian kartu kredit oleh pedagang palsu. Makanya COD bisa saling menguntungkan.

 

Kelemahan COD (Cash On Delevery)

Nggak hanya menguntungkan, cara COD juga bisa benjut. Contohnya, karena pembayaran tidak dilakukan pada saat pembelian, beberapa konsumen hanya fokus pada manfaat pembelian daripada biaya. Pembelian COD yang signifikan dapat menghadirkan konsumen dengan biaya yang tidak dapat diatasi pada satu waktu atau dalam jangka waktu singkat.

Karena biaya belum dipertimbangkan, beberapa mungkin tidak menganggarkan untuk pembelian dan tidak memiliki sarana untuk membayar pada saat pengiriman. Manfaat potensial dari pembelian ke konsumen hilang, dan pedagang harus menyerap biaya pengiriman dan melupakan keuntungan dari penjualan.

Parahnya jika pada saat pengiriman si orang nggak ada atau nggak bayar. Nah jadi gimana tuh….

 

Jalan tengah COD (Cash On Delevery)

Sebenrnya COD mengurangi penipuan dan penyalahgunaan, seperti penipuan identitas pembeli (mis., Pelanggan yang membeli barang menggunakan kartu kredit curian), menghentikan pembayaran, dan sengketa kartu kredit / debit palsu.

Namun, cash on delivery juga membawa kerugian bagi pedagang. Untuk pesanan yang tidak terpenuhi, pedagang menyerap biaya pengiriman, dan mereka membatalkan setiap keuntungan yang dapat terealisasi pada penjualan. Biasanya, perusahaan dengan bentuk pembayaran ini menyadari peningkatan hasil yang signifikan dibandingkan dengan pedagang yang sebanding yang tidak menerima bentuk pembayaran ini.

Di beberapa negara, termasuk India dan Pakistan, transaksi pengiriman tunai meningkatkan perdagangan internet. Transaksi COD juga populer di kalangan konsumen muda yang tidak memiliki kartu kredit, kredit mapan, atau sarana alternatif untuk membayar barang.

Maka lebih teliti dan serius untuk membeli online adalah tanggung sama bersama. Jika ada unsur penipuan ataupun tertipu jangan segan segan melaporkan ke pihak marketplace terkait atau juga bisa dengan cara hukum. Semoga sedikit info tentang Arti COD bisa membantu. 😊

 

Referensi Arti COD (Cash On Delevery)

Investopedia

my self

Seberapa Bagus Artikel Ini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: