Asyiknya Bermain pingpong #3

pingpong zoro

Pingpong adalah salah satu olahraga yang relatif ringan. Tidak seperti olahraga masif lainnya seperti sepakbola, basket, voli, dll yang memerlukan tenaga yang besar dan fisik yang prima. Dengan pembakran tenaga yang besar maka dibutuhkan juga asupan energi yang besar, belum lagi waktu yang panjang dalam suatu olahraga masif.

Olahraga pingpong bisa menjadi olahraga penjaga stamina dalam rutinitas kita sehari-hari dalam bekerja. Dengan waktu yang fleksibel, bisa siang ataupun malam hari maka andapun bisa memilih waktu yang pas untuk berolahraga. Ajaklah teman sekantor untuk bermain.

Meskipun terlihat olahraga biasa-biasa saja, nyatanya pingpong butuh kelincahan dan konsentrasi yang cukup agar dapat mencetak angka. Tidak butuh banyak tenaga namun membutuhkan reflek cepat untuk mengantisipasi serangan lawan. menentukan tempo dan strategi jadi salah satu cara agar permainan anda makin ciamik.

SEBELUMNYA: TEJNIK TENIS MEJA #2

macam-macam pukulan teknik tenis meja

So, asyiknya bermain pingpong terletak jika kita dapat me smash / spin lawan dengan keras ataupun dapat menangkis serangan lawan bertubi tubi. Apalagi dengan menggunakan taktik serangan atau difend maka permainan semakin menarik. Menjadi kepuasan tersendiri jika anda dapat emukuli lawan dengan pukulan keras, pun menjadi kebanggaan jika dapat menangkis serangat membunuh lawan.

Setiap permainan mempunyai aturannya sendiri, pun juga dengan pingpong. Aturan adalah cara boleh dan tidak nya anda melakukan suatu hal untuk mencapai kemenangan. Jika anda dapat mengatasinya dengan fisik dan pikiran maka adalah hal yang menyenangkan, atau terdapatnya suatu rasa puas.

Rasa puas dari pemecahan masalah dari dedikasi fisik, pikiran, dan mental termuat juga dalam olahraga pingpong yang terlihat cupu. Pemecahan masalah dari pingpong adalah dengan fisik adalah dengan berlatih kelenturan otot dalam reflek dan stamina, dengan merutinkan suatu hal yang kecil maka membentuk fisik yang prima.

Dalam pikiran adalah menguasai teknik pukulan bola pingpong dan strategi yang akan digunakan. Maka peran pikiran juga menjadi pondasi dasar. Penggunaan pikiran yang pas juga meningkatkan kinerja otak untuk kesehatan dan dalam kegunaannya sehari-hari.

Hal yang tak kalah penting, bahkan krusial adalah mental. Dalam olahraga pingpong juga membutuhkan mental dengan face to face dengan lawan. jika mental dari awal sudah jatuh maka dua pondasi awal tadi (fisik dan pikiran) jatuh pula. Suatu teknik yang bagus tidak akan keluar dengan metal yang buruk. Mental adalah penentu dalam anda melihat suatu hal. Apakah anda seorang pemenang dalam melakukan suatu hal.

Maka dari semua hal di atas, pingpong bisa menjadi latihan pembentukan diri dari segi fisik, pikiran, dan mental. Jika anda dapat memenangi pertandingan dengan menggunakan tiga aspek di atas maka tercapailah kata senang, yang juga dapat berarti “kepuasan akan usaha yang dilakukan”. Sepenuh hati dalam melakukan suatu hal dalah menyenangkan. Meski olahraga yang ringan, jika dilakukan dengan rutin maka terlatihlah hal yang kecil tadi. “Besar dan kecil adalah ukuran, bagaimana kita melakukannya adalah nilai”.

 

Hafidz Yusuf

 

Referensi: My Self

1 thought on “Asyiknya Bermain pingpong #3

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: