Menjadi Seorang Playmaker Futsal (Beginner)

pic: posisi Playmaker

playmaker futsal

Playmaker berasal dari dua kata play berarti bermain dan maker artinya pembuat. Maka dalam artian seorang pemain yang menyusun serangan dalam sepakbola, dan dalam bahasan ini mengkususkan ke futsal. Dalam era modern playmaker juga berfungsi mengatur tempo (lambat cepat alur permainan) .

Seperti layaknya pemain di posisi lainnya, seorang playmaker juga mempunyai kemampuan khusus yang menonjol. Jika pemain posisi bek umumnya  menonjolkan kekuatan fisik dan wing dalam hal kecepatan dan skill (one on one) yang mumpuni, maka senjata seorang playmaker adalah mineset nya.

Mindset dalam artian, memahami tujuan tim, kemampuan rekan-rekannya, melihat situasi (kapan harus delayball dan kapan harus cepat mengalirkan bola). Pemahaman akan futsal yang mumpuni akan memandu rekan setimnya untuk memberi pondasi permainan. Biasanya pemahaman seorang playmaker muncul dari jam terbang berbeda dengan wing (posisi sayap) misalnya yang dapat berlari kesana kemari menrobos pertahanan tanpa harus berfikir tempo, keepball, press dll (posisi awal penulis).

Jika dalam bentuk angka maka seorang Playmaker kurang lebih seperti ini:

*dalam ukuran level tempat masing-masing

 

Attack -> 70

Defend -> 60

Control -> 85

Speed -> 75

Body balance -> 70

Low pass -> 80

Trow pass -> 80

Finishing -> 70

 

 

Overall rating -+75, dalam artian anda bisa menjadi playmaker beginer yang mainnya g jago amat and nggak culun juga. Jika anda suka berbau strategi, maka itu modal utama, tinggal praktek bro. Sering nonton bola (pertandingan maksudnya -_-), latihan passing, pahami kebiasaan pergerakan rekan setim agar dapat menaksir (kira-kira gitu) mengarahkan bola kemana.

 

Passing playmaker dalam artian deep (dalam) maka mengetahui

*Kapan waktu yang pas

*Kecepatan laju bola

*Tempat diterimanya bola dikaki rekan

*Tindakan lanjutan rekan penerima bola (pass/shoot)

 

Tapi dari semuanya, taklah seorangpun sempurna maka kesalahan demi kesalahan tetap ada dan banyak, tetap mencoba dan menikmati adalah kunci untuk terus jadi yang lebih baik (jeileh….)

The last, setiap posisi dalam permainan sepakbola maupun futsal mempunyai sensai (fun) dan tugas masing-masing. So… keep play with your style.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: